Saturday 16 February 2019

Apa itu Seo? dan Bagaimana Konsep Dasar dari Seo

Apa itu Seo? dan Bagaimana Konsep Dasar dari Seo


Beberapa pengguna seo sendiri mungkin masih bertanya Apa sebenarnya itu SEO dan bagaimana konsep dasarnya.

Nah, Sahabat kali ini saya akan mengulas tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization) dan bagaimana konsep dasar dari SEO. Dikarenakan, saat membicarakan tentang search engine, SEO kini menjadi hal penting untuk dibahas.

Melalui Belajar dari SEO, situs web Anda akan dilihat oleh banyak orang. Sehingga, anda sendiri akan memiliki peluang baik untuk lebih dikunjungi dalam jumlah audiens yang besar. Dan nantinya, jumlah pengunjung inilah yang akan Anda dapatkan konversi sebagai sumber pemasukan.

Dengan begini, jika pengunjung web anda banyak dan berada di peringkat pertama secara otomatis hal tersebut akan menjanjikan sebuah keuntungan yang luar biasa bagi website Anda.

Menariknya lagi, ilmu SEO ini bukan eksklusif milik para “mastah”. Melainkan segala sesuatu akan anda dapat pelajari dan bisa mengembangkan sendiri. Bagi pemula pun bisa mulai belajar!

Jadi, berikutnya kita akan mencoba mengulas apa itu SEO?

Apa itu SEO?

Apa itu SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya untuk mendapatkan ranking terbaik pada mesin pencarian Geogle agar mendapatkan kunjungan pada website kita, kita coba perhatikan faktor-faktor tertentu sesuai dengan Algoritma sebuah mesin pencari Geogle.

Sejak awal mesin pencari internet diciptakan, teknik-teknik dan optimasi mesin pencari ini sebenarnya sudah dikenal. Ada banyak versi soal kelahiran SEO pertama kali. Menurut Search Engine Land, SEO diperkirakan lahir kira-kira sekitar di tahun 1991. Artinya, hingga saat ulasan ini ditulis, ilmu belajar SEO blog telah ada kurang lebih sekitar 27 tahunan – bahkan itu sebelum Google lahir!

Pada tahun 1990-an sudah menjadi tonggak awal meroketnya popularitas mesin pencari SEO. Saat itu jumlah pengguna internet pun belumlah banyak di banding sekarang ini.
Internet merupakan dunia yang amat luas. Konten  dan informasi yang dibagikan bisa dibilang tak terhitung jumlahnya. Tanpa adanya tool pencarian, rasanya tidak mungkin, jika kita ingin menemukan informasi dengan mudah.

Inilah alasan utama bagi para pengguna, mengapa sangat membutuhkan mesin pencari. Fungsi dari dasar SEO ada dua macam yakni :

1. indeksasi dokumen di jaringan www
2.  menyediakan jawaban berdasarkan query.

Dan hasil dari mesin pencarian yang muncul memang disesuaikan dengan query atau Keyword (kata kunci) yang dimasukkan. Jadi, pada prinsipnya, para pengguna akan mendapatkan apa yang mereka cari di halaman hasil pencarian sesuai Kata kunci tersebut.

Permasalahan yang kemudian muncul adalah kualitas Atau informasi yang ditampilkan. Search engine SEO memang menampilkan informasi atau dokumen sesuai dengan kata kunci yang diinginkanya.

Namun, hal ini tidak diimbangi dengan tingkat relevansi dan kualitas informasi yang baik.

Siapa Tidak Kenal Google?

Search engine atau Mesin pencari bikinan Sergey Brin dan Larry Page ini memang menguasai pencarian di dunia internet.

Bukan bermaksud menyampingkan Search Engine lain, tapi Google memang benar-benar tidak boleh Anda abaikan. Berdasarkan informasi resmi dari Google Search Statistics, setiap harinya ada sekitar 4,5 milyar pencarian.

Apa iya Website Anda tidak ingin tampil seperti yang ada di internet, Supaya lebih mudah diakses banyak orang?

Selain Google juga ada mesin pencari lain seperti Yahoo!, Bing, Yandex maupun DuckDuckGo. Banyak berguguran, namun banyak juga yang muncul ke permukaan. Hanya saja, saat ini belum ada yang berhasil untuk menyaingi kedigdayaan Google.

Ada alasan mengapa Google dapat mempertahankan posisi nomor satu hingga sekarang.

Di tahun 1998 Silam, Sergey & Larry menerbitkan sebuah makalah di Stanford University yang berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”.

Makalah itu memuat tentang sebuah gagasan menarik bernama PageRank, suatu sistem penentuan peringkat di mesin pencari internet, berdasarkan kualitas serta konten secara keseluruhan, bukan hanya soal kata kunci saja.

PageRank yang dapat membantu bagi semua pengguna mendapatkan hasil pencarian yang lebih akurat sesuai yang diharapkanya. Beberapa ahli pun beranggapan bahwa inilah awal mula teknik SEO modern diimplementasikan.

Bagaimana SEO Bekerja?

Bagaimana SEO Bekerja

Untuk memahami bagaimana SEO bekerja, Anda dapat membaca Informasi atau ulasan yang berkaitan Tentang Search Engine. Anda juga sudah membahas hal tersebut pada Ulasan sebelumnya, dengan judul Yakni Fungsi Mesin Pencari dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Bisnis.

 Isilah-istilah Mengenai SEO

Ada beberapa istilah yang harus dimengerti ketika membicarakan tentang SEO.
·         Backlink atau Inbound Link, link ini yang mengarah ke situs web Anda.
·         Outbound Link atau link yang mengarah ke situs web lain dari situs web Anda.
·         Black Hat SEO, teknik SEO, guna untuk menaikan peringkat yang sebenarnya dilarang.
·         White Hat SEO, teknik SEO pada umumnya.
·         PageRank , atau algoritma mesin pencarian pertama kali oleh Google. Kini digantikan oleh Google Panda, Penguin, dan algoritma-algoritma yang baru.
Melalui ulasan yang membahas tentang apa itu SEO, paling tidak Anda sudah sedikit mengetahui tentang apa itu SEO dan bagaimana SEO itu bekerja. Penjelasan lebih mendalam mengenai konten akan saya bahas di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan SEO 

Kelebihan SEO:


·         Mendatangkan pengunjung secara gratis. Semakin tingginya ranking Website Anda pada mesin pencarian SEO, Maka akan semakin banyak pula jumlah pengunjung yang Anda dapatkan.
·         Memotong biaya iklan. Apabila Anda berhasil memperbaiki ranking Website Anda pada halaman pencarian, Maka secara otomatis keberadaan Website Anda akan semakin mudah untuk ditemukan dan sekaligus mengurangi anggaran untuk beriklan.
·         Mudah terkenal. Apabila website Anda berada pada peringkat yang bagus, orang akan mengingat alamat website dan datang kembali dengan mengetikkan URL Website Anda tanpa melalui perantara mesin pencari.
·         Terdapat Software/Website pendukung utuk melakukan optimasi meliputi Riset kata kunci, update ranking dan saran optimasi untuk menduduki peringkat pertama.

Kekurangan SEO:


·         Membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama. Anda akan mengalami Monitoring terhadap proses optimasi SEO dan perkembangannya secara berkala, semua itu agar Website Anda bisa mencapai peringkat yang lebih bagus.
·         Peringkat website menurun. Jika terdapat website lain memiliki halaman dengan konten yang lebih relevan, lengkap dan menjawab kebutuhan pengguna mesin pencarian maka tidak menutup kemungkinan peringkat website Anda akan turun.
·         Banyak hal teknis/non-teknis yang harus Anda kuasai untuk mengetahui faktor apa yang dapat menyebabkan ranking website Anda mendapatkan ranking yang bagus atau sebaliknya.
·         Selalu update terhadap algoritma mesin pencari SEO yang sewaktu-waktu dapat berubah, Semua itu agar Website Anda tetap mengikuti aturan yang ada dan serta memiliki performa yang bagus.
·         Persaingan yang ketat. Jika website Anda menyediakan informasi yang penting atau bisa juga digunakan untuk Berbisnis online, Persaingan yang terus menerus hingga menjadi ketat, maka semakin berat pula untuk melakukan optimasi dikarenakan banyaknya Website-Wensite yang sama ingin mendudukan peringkat teratas dengan melakukan SEO.

Kesimpulan

Implementasi SEO bisa katakan bukan hal yang baru. Malah hampir setiap harinya kita selalau menggunakannya, guna untuk mencari informasi melalui internet, seperti membuka Google dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Pada intinya SEO sendiri berpusat pada menyediakan konten yang menarik, baik buat pengunjung maupun mesin pencari SEO geogle.

Namun, terkadang pada saat menulis konten tersebut, kedua syarat itu tidak bisa diimplementasikan secara maksimal. Konten aslinya bertujuan untuk keperluan SEO bisa jadi malah tidak terlalu nyaman dibaca oleh pengunjung, Dan hasilnya user-experience menjadi tidak terlalu diperhatikan.
Ada beberapa artikel yang mungkin saja Anda tertarik untuk membacanya.

·         Belajar SEO: Panduan bagi Pemula (On Page dan Off Page)
·         Apa itu SSL dan kenapa kok harus menggunakan SSL?

Jika kita inigin membuat situs web, maka gunakan Penyedia Hosting yang terbaik dan kembangkanlah situs Anda. Sudah saatnya kita untuk memulai menjadi sumber informasi, bukan cuma menerima informasi terus menerus. Di beberapa artikel yang sudah saya buat sebelumnya, serta sudah ada panduan Cara Membuat Blog atau Membuat Toko Online dengan Mudah bagi Pemula.

0 komentar:

Post a Comment