Friday 15 February 2019

Pengertian Ekonomi, Definisi, Prinsip, Motif, dan Kegiatan Ekonomi


Pengertian Ekonomi, Definisi, Prinsip, Motif, dan Kegiatan Ekonomi


Pengertian Ekonomi Adalah

Daftar isi         
·                PengertianEkonomi Menurut Para Ahli
·                Robbins
·                AlfredMarshall
·                JohnAdam SmithJohn Adam Smith
·                JohnStuart Mill
·                HermawanKartajaya
·                Prinsip-PrinsipEkonomi
·                PrinsipProduksi
·                PrinsipDistribusi
·                PrinsipKonsumsi
·                MotifEkonomi
·                BerdasarkanAsalnya
·                BerdasarkanPertimbangan Ekonomi
·                KegiatanEkonomi
·                KegiatanProduksi
·                KegiatanDistribusi
·                KegiatanKonsumsi


Sebenarnya, apa itu ekonomi? Pengertian dari Ekonomi sendiri adalah suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang suatu kegiatan dan aktivitas manusia yang berkaitan dengan aktivitas dalam produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Ada juga yang menyebutkan definisi ekonomi, sebagai hubungan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia serta untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Istilah “Ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang berarti keluarga atau juga rumah tangga, dan “Nomos” yang berarti peraturan atau hukum. Sehingga arti Ekonomi sendiri secara harfiah adalah suatu manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga.

Lalu apa saja motif dalam ekonomi sendiri?

Yang dimaksud dari motif ekonomi adalah alasan seseorang untuk melakukan suatau kegiatan ekonomi. Berikut ini adalah beberapa motif ekonomi secara umum:
·         Motif dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Motif ini biasanya dilakukan oleh konsumen, misalnya membeli kebutuhan pokok manusia misal beras, lauk dan lain-lain
·         Motif mencari keuntungan. Motif ini biasanya dilakukan oleh penjual, misal menjual kebutuhan pokok manusia untuk mendapatkan sebuah keuntungan.
·         Motif penghargaan.
·         Motif mendapatkan kekuasaan.
·         Motif sosial atau tolong-menolong.



Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Agar lebih bisa memahami apa itu ekonomi, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah definisi ekonomi menurut para ahli:

1. Robbins

Menurut Robins, pengertian dari ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia sebagai suatau perhubungan antara tujuan yang dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

2. Alfred Marshall

Menurut Alfred Marshall, definisi ekonomi sendiri adalah studi tentang manusia yang sebagaimana mereka menjalani hidupnya, yang bergerak serta berpikir dalam konteks keseharian.

3. John Adam Smith

Menurut Adam Smith, pengertian ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

4. John Stuart Mill

Menurut John Stuart Mill, pengertian dari ekonomi sendiri adalah suatu ilmu ekonomi yang dapat menciptakan nilai tukar, tambah barang dan jasa sehingga dapat meningkatkan kekayaan dan kemakmuran suatu negara.

5. Hermawan Kartajaya

Menurut Hermawan Kartajaya, pengertian ekonomi adalah suatu wadah dimana sektor industry itu sendiri melekat diatasnya.

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Dalam ilmu ekonomi juga terdapat beberapa prinsip yang mendasarinya. Dan mengacu pada pengertian ekonomi di atas, berikut ini adalah prinsip-prinsip dari ekonomi tersebut:

1. Prinsip Produksi

Pengertian prinsip produksi dalam ekonomi adalah perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang maupun jasa.

Proses produksi membutuhkan biaya dan usaha dalam pelaksanaannya. Aktivitas produksi akan membukan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Pengertian serta prinsip distribusi dalam ekonomi adalah suatu kegiatan yang penyaluran distribusi produk kepada konsumen-konsumenya. Kegiatan distribusi ini biasanya harus dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik agar produk yang disalurkanya, tiba di lokasi penjualan susai waktu yang sudah ditentukanya.

Misal, pengiriman buah-buahan dan sayur-sayuran dari para petani ke para penjual yang ada di pasar. Proses distribusi ini biasanya dilakukan pada saat dini hari agar kualitas buah dan sayur tetap terjamin baik di saat konsumen membelinya.

3. Prinsip Konsumsi

Pengertian dari prinsip konsumsi dalam ekonomi adalah segala suatu aktivitas penggunaan  produk yang dilakukan manusia untuk memenuhi dalam kebutuhannya.

Misalnya, seorang pemilik rumah membeli genteng untuk menggantikan genting  yang rusak. Tujuannya agar atap rumahnya tidak bocor ketika hujan tiba.


Motif Ekonomi


Motif dari ekonominya sendiri adalah segala hal yang menjadikan sebuah dorongan atau alasan sehingga membuat seseorang akan melakukan tindakan ekonomi, baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar. Secara umum dalam ini, terbagi dua jenis motif ekonomi, yaitu:

I. Berdasarkan Asalnya

Motif Intrinsik, yaitu sebuah dorongan dari dalam diri sendiri untuk melakukan suatu kegiatan ekonomi. Misalnya, manusia mencari makan di karenakan lapar.
Motif Ekstrinsik, yaitu kebalikanya dari Intrinsik , atau adanya sebuah dorongan atau pengaruh yang berasal dari luar terhadap diri kita, sehingga akan dapat melakukan kegiatan ekonomi. Misalnya; manusia ingin membeli mobil karena melihat orang lain membeli mobil.

II. Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi

Motif untuk Bertahan Hidup, yaitu sebuah dorongan dalam diri sendiri guna untuk mempertahankan hidupnya sehingga akan berusaha melakukan berbagai hal. Seperti bekerja untuk mendapatkan uang dan untuk membeli makanan.

Motif guna untuk Mendapatkan sebuah Keuntungan, yaitu keinginan manusia yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari suatu kegiatan ekonomi. Pada umumnya motif ini banyak dimiliki oleh para produsen atau pedagang. Misalnya, menjual suatu barang kepada orang lain guna untuk mengambil sebuah keuntungan dari penjualan tersebut.

Motif ini biasanya untuk Mendapatkan Penghargaan, yaitu dorongan dari dalam diri manusia guna untuk melakukan kegiatan ekonomi karena ingin mendapatkan suatu penghargaan tersebut, baik karena keahlian yang dimilikinya maupun karena jasa yang dilakukan.

Kegiatan Ekonomi


Secara garis besar kegiatan ekonomi manusia adalah sama hanya dengan suatu aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut adalah penjelasan secara ringkas dari masing-masing kegiatan tersebut:

1. Kegiatan Produksi

Inti dari kegiatan produksi ini adalah bertujuan untuk menghasilkan suatu produk, baik itu berupa barang maupun jasa. Pelaku kegiatan produksi ini adalah pengusaha di berbagai bidang industri, misalnya seperti pengusaha agribisnis, pengusaha furnitur, konsultan, dan lain sebagainya.

Dan barang atau jasa yang diciptakan dari kegiatan produksi ini biasanya akan disalurkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Jadi, kegiatan produksi yang dilakukan produsen ini adalah guna untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

2. Kegiatan Distribusi

Inti dari kegiatan distribusi adalah menyalurkan seatu produk bisa berupa barang atau jasa dari suatu lokasi ke lokasi terdekat dengan temapt konsumen. Proses distribusi ini sangat krusial dalam kegiatan ekonomi, karena hal tersebut dapat mewujudkan keselarasan antara kebutuhan dan ketersediaan produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dan proses distribusi sendiri bukanlah aktivitas tunggal, namun hal tersebut adalah perpaduan dari berbagai aktivitas. Kegiatan distribusi ini juga meliputi aktivitas pengangkutan barang, pengemasan, penyimpanan, serta standarisasi kualitas barang.

Dengan kata lain, kegiatan distribusi ini lebih banyak memiliki aktivitas yang saling berhubungan. Dan pada tujuan akhirnya adalah penyaluran suatu barang yang dibutuhkan konsumen dapat tiba dengan waktu yang tepat dan barang sendiri masih tetap dalam kondisi baik.

3. Kegiatan Konsumsi

Inti dari kegiatan konsumsi sendiri adalah suatu aktivitas memakai atau menggunakan produk yang berupa barang atau jasa guna untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Contoh kegiatan dalam konsumsi yakni:

·         Membeli bahan-bahan makanan untuk diolah lagi menjadi makanan
·         Membeli pakaian untuk dipakai sehari-hari
·         Penggunaan daya listrik guna untuk menyalakan barang elektronik.

Nah, itulah penjelasan secara ringkas mengenai pengertian ekonomi, prinsip-prinsip, motif,dan kegiatan ekonomi secara umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

0 komentar:

Post a Comment