Friday 25 January 2019

8 Wisata Kuliner di Semarang yang paling legendaris

8 Wisata Kuliner di Semarang yang paling legendaris


8 Wisata Kuliner di Semarang yang paling legendaris

Tahukah Anda bahwa Semarang dikenal sebagai salah satu pusatnya kuliner di Indonesia? Pada tahun 2015 lalu, Kementerian Pariwisata telah menetapkan Semarang sebagai salah satu tempat destinasi kuliner unggulan. Beragam ciri makanan khas dengan cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi.

Oleh karena itu wisata Kuliner di semarang mampu menarik perhatian para wisatawan. Banyak para wisatawan yang menjadikan wisata kuliner ini sebagai aktivitas yang wajib dilakukan saat berliburan di Semarang.

Ada banyak macam destinasi kuliner di Semarang, salah satu yang biasa selalu diincar para wisatawan Yaitu kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bukan hanya itu saja, kuliner legendaris yang masih diburu banyak wisatawan Yaitu di karenakan memiliki kelezatan yang sulit ditemukan di tempat-tempat lain. Penasaran? Nah, Berikut ini adalah daftar 8 destinasi wisata kuliner yang legendaris dan wajib Anda coba:

1. Mie Siang Kie

Mie Siang Kie


Bagi penggemar mie, Maka anda harus mampir ke Mie Siang Kie di Gang Lombok No 10, kawasan Pecinan Semarang. Di kedai ini mie yang sudah ada pada sejak zaman Belanda, Anda akan menemukan sajian mie yang disertai olahan daging babi. Meskipun bertempat di kedai yang sederhana, Siang Kie selalu ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun wisatawan dari luar, terutama saat jam-jam makan siang ataupun malam.

Menu bakmi yang sudah menjadi andalan dan favorit oleh para pencinta kuliner di Mie Siang Kie ini adalah mie pangsit godok (rebus). Seporsi mie pangsit godok yang berisi mie dengan potongan ayam, telur dadar suwir, dan pangsit rebus yang disajikan dengan bersama semangkuk kuah kaldu. Rasanya yang tak perlu diragukan lagi! Bertahan selama puluhan-puluhan tahun membuat cita rasa Mie Siang Kie ini semakin terbukti.

2. Kampung Laut

Kampung Laut


Kampung Laut yang biasa menjadi tempat pilihan kuliner yang menarik di Semarang, terutama bagi para pencinta makanan laut. Berbagai jenis hidangan laut yang segar dan lezat yang tak pernah gagal membuat para pengunjung datang kembali. Porsi makanan di restoran yang juga cukup besar, sehingga sangat cocok untuk dimakan bersama keluarga..

Tempat yang Berada di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Kampung Laut yang mengusung konsep pedesaan dengan saung bambu yang dibangun di atas air. Suasana seperti inilah yang membuat Kampung Laut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun warga lokal yang ingin menyantap hidangan laut dengan suasana yang unik.
Tempat makan yang semakin lengkap dengan adanya fasilitas-fasilitas, taman bermain untuk anak-anak dan tempat memancing ikan.

3. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen


Menikmati makanan yang khas tradisional dan legendaris, tak harus di pasar atau di pinggir jalan. Di Semarang ini, Anda bisa mampir ke Restoran Pesta Keboen yang menawarkan banyak aneka menu khas Indonesia dan Belanda.

Ada juga nasi pecel, gudeg, lumpia, sup kacang merah, nasi uduk Betawi, leker atau (semacam semprong), macaroni schotel, dan lain sebagainya. Dan biasanya disini setiap pengunjung akan mendapatkan jamu beras kencur dan keripik singkong serta tak lupa kerupuk. Restoran Pesta Keboen yang terletak di Jalan Veteran No 29.

Tempat makan yang menempati sebuah rumah kuno peninggalan di zaman Belanda yang kini diubah menjadi restoran yang unik. Di saat memasuki ruangan, Anda akan merasa seperti dibawa ke suasana tempo duhulu dengan berbagai barang yang antik dan serta di menghiasi di setiap sudut ruang. Selain itu, restoran ini juga menyuguhkan sebuah live music di panggung kecil luar ruangan.

4. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar


Bagi para pencinta daging kambing, di Semarang, anda tak perlu bingung mencari tempat makan buat menyantap gulai kambing yang sangat lezat. Coba saja mampir ke warung tenda Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang sudah ada pada sejak tahun 1969 silam. Lokasi yang berada di kawasan Kota Lama, tepatnya yakni di belakang objek cagar budaya Gereja Blenduk.

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini memiliki porsi yang mengenyangkan. Selain ada potongan jeroan dan daging kambing yang empuk, bumbu gulai ini juga begitu meresap ke dagingnya. Dan gulai di sini tidak begitu kental, namun tetaplah terasa gurih. Agar lebih nikmat, Anda wajib menyantap kuliner yang legendaris di Semarang yang satu ini.

5. Bakmi Jawa Pak Ateng

Bakmi Jawa Pak Ateng


Ingin bermakan malam selain nasi? Coba nikmatin bakmi jawa khas Semarang. Datanglah ke Bakmi Jawa Pak Ateng yang merupakan sebuah salah satu kedai bakmi jawa yang terkenal legendaris di Semarang. Ramainya pengunjung ini akan membuat anda harus lebih bersabar menunggu giliran tempat duduk yang selalu penuh oleh para pengunjung

Namun, semua pengorbanan ini akan terbayar dengan lunas, jika tiba saat menikmati bakmi jawa yang memiliki cita rasa yang khas, enak dan berbeda dari tempat lain. Adapun rahasia kelezatan Bakmi Jawa Pak Ateng ini adalah cara memasaknya yang masih  tradisional dan masih menggunakan atas anglo atau (tungku) tradisional dengan bahan bakar arang.

Selain itu, Bakmi Jawa Pak Ateng juga diracik dengan menggunakan kuah kaldu ayam kampung yang telah dilengkapi dengan daging ayam kampung suwir, telur, dan sayuran. Karena itulah Bakmi Jawa Pak Ateng ini selalu berhasil membuat para pengunjung ketagihan untuk kembali lagi.
Penasaran Yuk, langsung datang ke Bakmi Jawa Pak Ateng yang bertempat di Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul!

6. Mangut Welut Warung Bu Nasima

Mangut Welut Warung Bu Nasima


Belut yang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daging paling yang gurih. Ikan yang kaya akan gizinya dan relatif mudah diolah. Anda akan bisa menikmatinya dengan cara digoreng kering, bisa juga diolah dengan menggunakan kuah santan yang kental atau sering disebutnya dengan nama mangut.

Penyedia mangut ini paling terkenal di Semarang, tentu saja yakni Warung Bu Nasima. Untuk membuktikan akan kelezatannya, Anda bisa bergegas langsung menuju ke Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur, Semarang

Racikan bumbu kuah mangut yang terasa pedas, ditambah belutnya yang ama gurih dan serta empuk saat disantap, dijamin akan membuat keringat Anda bercucuran. Dan Cicipi juga aneka hidangan-hidangan lain, seperti ikan belanak goreng, garang asem, lele goreng, ayam goreng, nila bumbu rujak,  keong bumbu pedas, bandeng goreng, mujair goreng, belanak goreng, kering tempe, serta oseng-oseng dan pepes.

7. Pisang Plenet

Pisang Plenet


Bagi yang bukan orang Jawa, mungkin sangat asing mendengar kata “plenet”. Kalau dalam bahasa Jawa, “plenet” yang berarti ditekan atau dipipihkan. Oleh karena itu, pisang plenet ini, merupakan pisang bakar yang dipipihkan, lalu biasanya diberi aneka topping.
Anda akan bisa menemukan kuliner yang legendaris ini di warung tenda Pisang Plenet Pak Tuko yang berada di kawasan Kampoeng Semawis.

Pisang planet yang di ada pada sejak tahun 1960 silam ini, menawarkan cita rasa yang lebih lezat. Karena ini masih dipanggang dengan tungku pembakaran arang Yang masih Tradisional. Pisang Plenet Pak Tuko juga menawarkan aneka rasa, seperti cokelat, gula putih halus, kacang, keju, selai nanas, dan sejenis lainnya. Jajanan yang amat murah meriah ini, Sehingga menjadi favorit anak muda Semarang saat kini.

8. Kue Lekker

Kue Lekker Paimo


Satu lagi kuliner khas Semarang Yakni kue leker. Kuliner kaki lima ini juga memiliki bentuk yang menyerupai martabak, tetapi berukuran yang lebih kecil dan tipis. Anda akan bisa memilih aneka topping untuk rasa kue leker yang diinginkan sesuai dengan selera Anda.

Salah satu tempat untuk menikmati kue leker ini yang paling enak adalah Kue Lekker Paimo yang berada di Jalan Karanganyar No 37 (depan SMA Kolese Loyola) Semarang Jawa Tengah.

Menu yang ditawarkan oleh Lekker pak Paimo ini sangat bervariasi, mulai dari topping yang manis hingga topping yang terasa asin. Cobalah pesan leker telur sosis keju yang juga merupakan salah satu menu yang favorit. Karna ini ada perpaduan rasa gurih dari telur dan sosis dengan lelehan keju di dalam leker yang garing akan nantinya akan bisa membuat anda ketagihan.

Sudah terbayang bukan bentuk dan rasa dari semua kuliner yang legendaris di Semarang ini? Daripada menjadi terus penasaran, yuk coba liburan ke Semarang! Ajak keluarga dan kerabat Anda, untuk  bisa menikmati atas kelezatan kuliner khas Semarang.

Selain berwisata kuliner ini, Anda juga akan bisa melakukan hal yang menarik lainnya di Semarang. Jangan bingung, coba cek saja Blog Traveloka untuk temukan informasi seputar tempat wisata, oleh-oleh khas, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Plampitan No.55, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment