Tuesday 12 February 2019

34 Makanan Khas Daerah Indonesia Yang Unik Dan Mantap


Makanan Khas Daerah Indonesia Yang Unik Dan Mantap

Makanan khas daerah – Indonesia tidak hanya penuh dengan pesona wisata alam saja, melainkan juga banyak menawarkan wisata kelezatan kuliner yang khas dari berbagai daerah nusantara. Nah, berikut ini beberapa Makanan Khas Daerah Indonesia Yang Unik DanMantap .

1. Mie Aceh

Mie Aceh

Mie Aceh _ Aceh adalah merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang juga terkenal dengan berbagai kuliner khas terbaik bahkan sudah mendunia. Saat anda berkunjung ke Aceh, Akan terasa belum lengkap, jika Anda tidak mencicipi menu dengan berbahan mie kuning yang tebal ditambah dengan irisan daging yang biasa disajikan dalam sup kari gurih dan pedas.

2. Bika Ambon Sumatera Utara

Bika Ambon Sumatera Utara

Bika Ambon _ Jika Aceh mendunia dengan mie yang khasnya, berbeda lagi dengan Sumatera Utara yang juga populer dengan Makana khas daerah yang biasa di panggil dengan Makanan bika ambon.

Makan ini sejenis dengan kue yang rasaya terjamin amat lezat. Bika ambon sendiri bahkan dijual dengan jenis beberapa varian rasa, seperti keju dan durian.

3. Rendang Sumatera Barat

Rendang Sumatera Barat

Rendang Sumatera Barat _ Sumatera Barat yang memang sudah berhasil mencuri mata dunia dengan bumbu yang khas masakan padangnya. Tentunya, yakni salah satunya Raja Rendang yang berbahan dari beberapa jenis rempah-rempah dengan citarasa yang amat kuat, kental, dan nikmat.

4. Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai Ikan Patin _ Adalah Makanan Khas Daerah Jambi, dengan sebutan nama gulai ikan patin ini. Masakan ikan patin sendiri kini sudah amat populer di tengah masyarakat Jambi serta di daerah-daerah indonesia. Berbahan dari daging buah durian yang telah difermentasi, lalau gulai ikan sendiri akan dimasak hingga matang dengan rasa yang dijamin 100% akan membuat anda ketagihan.

5. Pendap Bengkulu

Pendap Bengkulu

Pendap Bengkulu _Bengkulu yang juga menghadirkan berbagai kuliner terbaik yang amat sulit diabaikan, salah satunya yakni pendap yang dibuat dari bahan utamanya ikan yang telah dibumbui dengan macam_macam bumbu rahasia dan rempah pilihan Sehingga Tercipta cita rasa yang sangat nikmat.

6. Gulai Belacan Riau

Gulai Belacan Riau

Gulai Belacan Riau _ Riau yang juga menghadirkan Makanan Khas Daerahnya Sendiri yakni gulai belacan. Makanan yang terbuat dari campuran belacan dan kuahnya memiliki rasa gurih dan lezat. Akan bertamabah nikmat jika ditambahakan ikan atau udang sebagai menu pelengkap gula belacan.

7. Otak-Otak Kepulauan Riau

Otak-Otak Kepulauan Riau

Otak-otak yang merupakan kuliner khas daerah Kepulauan Riau yang juga termaksud kuliner yang mudah ditemukan di Batam, Mualai dari kepulauan Penyengat hingga Tanjung Pinang. Anda juga bisa mencicipi otak-otak dengan varian rasa seperti cumi maupun ikan dengan citarasa yang sama-sama mantapnya..

8. Pempek Sumatera Selatan

Pempek Sumatera Selatan

Pempek _ Kuliner pempek yang merupakan kuliner khas daerah Sumatera Selatan yang berbahan utamanya dari olahan sagu, ikan dan tambahan kuah coklat yang dinamai cukpo. Sehingga terciptalah Cita rasa yang Nikmat dan saya jamin akan menggugah selera Anda.

9. Mie Bangka Belitung

Mie Bangka Belitung

Berpindah ke Daerah Bangka Belitung. Anda akan dimanjakan dengan sebuah kuliner yang terbaik dari kuliner lainya. Olahan Mie Terbuat dari mie kuning basah yang telah disiram dengan kuah berbumbu dari olahan ikan, cumi,udang, kepiting dan bumbu-bumbu rahasia lainya. Dijamin Anda pasti akan ketagihan sesudah mencicipinya.

10. Seruit Lampung

Seruit Lampung

Seruit _ Yang merupakan kuliner khas daerah dari Lampung yang berbahan utamanya dari olahan ikan goreng atau ikan bakar dengan tamabahan atau campuran sambel terasi, mangga hingga olahan durian. Dijamin rasa dan citarsanya yang khas akan membuat Anda gila untuk menambah lagi.

11. Sate Bandeng Banten

Sate Bandeng Banten

Sate Bandeng _ Banten yang juga menghadirkan kuliner terbaiknya dan khas. yang disebut dengan sate bandeng, daging yang dimilikunya empuk serta tak bertulang dan ditambah santan dan gula coklat. Saya Jamin Anda pasti akan gila untuk mencicipi dan mencicipinya.

12. Kerak Telor Jakarta

Kerak Telor Jakarta

Kerak Telor _ Ibukota Indonesia yang juga sama tidak ingin ketinggalan dengan kuliner khasnya yang bernama kerak telor, Kerak telur sendiri terbuat dari bahan utamanya yakni beras keran putih, ebi, telur ayam kemudian di sangrai. Sehingga Rasa akan semakin lezat dan di tambah lagi dengan beberapa bumbu rahasia lainnya.

13. Serabi Jawa Barat

Serabi Jawa Barat

Serabi khas Jawa Barat yang berbahan utamanya dari tepung beras yang disiram kuah cair manis dengan citarasa yang nikmat dan lezat. Saya jamin akan menggugah lidah anda setelah mencicipinya.

14. Lumpia Jawa Tengah

Lumpia Jawa Tengah

Lumpia yang merupakan kuliner khas daerah Jateng. Kuliner yang berbahan utamanya dari rebung, daging udang dan telur yang sudah dibungkus kemudian di goreng. Dijamin Anda akan gila setelah mencicipi Makanan yang satu ini.

15. Nasi Gudeg D.I Yogyakarta

Nasi Gudeg D.I Yogyakarta

Nasi gudeg khas daerah Yogyakarta, Yang berbahan utamanya dari olahan nangka muda dan santan. di tambahan dengan nasi, ayam kampung, telur dan lainnya, Sehingga akan membius lidah Anda dengan ciri citarasa yang Khas manis dan lezat.

16. Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak cingur khas Jawa daerah Timur, Kuliner ini pastinya semua orang telah mengetahuinya. Jangan pernah melewatkan menu terbaik ini ya, JIka Anda mengunjungi daerah Sawa Timur.

17. Ayam Betutu Bali

yam Betutu Bali

Ayam betutu yang menjadi kuliner khas daerah Bali. Yang berbahan utama dari ayam utuh yang berisikan bumbu-bumbu rahasia yang selanjutnya akan dipanggal dalam api yang sekam, dijamin Anda akan gila untuk menambah lagi karna rasa yang dimilikinya.

18. Ayam Taliwang NTB

 Ayam Taliwang NTB

Ayam talibang yang mungkin sangat mudah dijumpai di Daerah Lombok dengan citarasa sama juaranya, Anda akan dibuat jatuh cinta dengan Kuliner yang berbahan dasar ayam.

19. Catemak Jagung NTT

Catemak Jagung NTT

NTT_ yang hadir dengan kuliner catemak agung dengan berbahan utamanya yakni labu lilin , kacang hijau, jagung yang telah di masak dengan bumbu rahasia khas NTT Yang nantinya akan membuat anda gila karna rasa yang mantap dijiwa.

20. Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas Kalimantan Barat

Bubur pedas sambas yang merupakan Kuliner khas yang berbahan utamanya dari bubur dan campuran sayur. Menariknya lagi, kuliner ini dibuat tanpa ada bahan dari cabai sedikitpun.

21. Soto Banjar Kalimantan Selatan

Soto Banjar Kalimantan Selatan

Soto banjar yang merupakan Kuliner yang berbahan utamanya dari ayam dan berbagai rempah-rempah terbaik dengan aroma yanag amat memikat. Di tamabah dengan daging ayam yang disuwir akan bertambah nikmat dengan tambahan soto dan perkedel.

22. Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Kuliner Juhu Singkah yang berbahan utamanaya dari umbut rotan, ikan betok sehingga membuat kuliner ini laris dan dicintai masyarakat Kalteng. Penasaran bykan dengan rasanya seperti apa? Pastikan Anda mencicipinya Makana khas yang satu ini saat berkunjung ke Kalimantan tengah.

23. Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting soka yang sudah menjadi salah satu kuliner terbaik khas Kalimantan Utara yang wajib untuk anda di coba, ketika saat mengunjungi kota yang berada di Kalimantan utara ini. Dijamin deh, rasanya akan bikin nagih.

24. Ayam Cincane Kalimatan Timur

Ayam Cincane Kalimatan Timur

Ayam cincane kuliner yang sejenis dengan masakan yang berisikan ayam kampung bersama bumbu khasnya yang berwarna kemerahan dengan cita rasa yang amat memikat. Kuliner ini bahkan bisa dijumpai di setiap ada pegelaran pesta di Kalimantan timur.

25. Sup Konro Sulawesi Selatan

Sup Konro Sulawesi Selatan

Sup konro Kuliner yang berbahan utamanya dari iga sapi dengan siraman kuah yang berwarna coklat-coklat kehitaman. Akan semakin bertambah nikmat jika Makan bersama dengan tambahan potongan ketupat.

26. Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sup Ikan Jantung Pisang

Sup Ikan Jantung Pisang _ Sesuai namanya, Kuliner yang berbahan utamanya yakni dari olahan ikan dan jantung pisang dengan rasa sedikit asam pedas yang sangat segar.

27 Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa Sulawesi Tenggara

Lapa-lapa yang sudah menjadi kuliner khas didaerah Sulawesi Tenggara, Kuliner dengan rasa yang amat gurih dan nikmat, terlebih lagi dengan adanya tambahan ikan asin. Maka akan semakin nikmat pula Kuliner yang satu ini.

28. Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta _ Kuliner yang berbahan utamanya yakni dari jagung, kelapa dan jagung semakain nikmat lagi dengan adanya tambahan belimbing sayur, daun bawang, jeruk nipis, jagung bawang dan bahan lainya.

29. Ikan Asar Maluku

Ikan Asar Maluku

Ikan Asar _ Kuliner Khas daerah Maluku yang terbuat dari ikan tongkol yang telah dipanggang, Sehingga terciptalah citarasa yang Mantap Dijiwa yang nantinya akan membuat anda gila ingin menambah lagi.

30. Gohu Maluku Utara

Gohu Maluku Utara

Gohu ikan khas daerah Ternate,  Makanan yang terbuat dari ikan tuna mentah dan sangat cocok bagi Anda yang menyukai sejenis masakan mentah ini.

31. Ikan Bakar Papua Barat

Ikan Bakar Papua Barat

Ikan bakar khas Makanan daerah Papua Barat. Kuliner yang berbahan utamanya dari sebuah tambahan bumbu dan siraman sehingga membuat citarasa makanan ini menggoyahkan lidah Anda.

32. Papeda Papua Timur

Papeda Papua Timur

Papeda yang merupakan sejenis makanan bubur sagu yang terlihat nikmat dengan adanya tambahan kuah kuning dan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui kunyit, yang citarasanya tidak ada yang bisa yang menandinginya.

33. Bagea Papua Tengah

Bagea Papua Tengah

Bagea atau kue sagu yang menjadi kuliner khas daerah Papua Tengah dengan bahan utama tepung sagu. Anda wajib untuk mencoba kuliner terbaik ini.

34. Tinutuan Sulawesi Utara

 Tinutuan Sulawesi Utara

Tinutuan adalah makanan yang merupakan sejenis bubur khas daerah Manado yang wajib Anda cicipi karena makanan ini menghadirkan banayak citarasa menakjubkan yang sulit untuk diabaikan.

Nah, Demikaianlah beberapa Ulasan Makanan Khas Daerah Indonesia Yang Unik Dan Mantap dari kami, semoga bermanfaat ya !!!

Lokasi: LG, Tunjungan Electronic Centre, Medayu Utara XXVIII Jl. Tunjungan, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment