Thursday 14 February 2019

Pengertian Bisnis Beserta Fungsi Tujuan dan Macam-Macam Bisnis


Pengertian Bisnis Beserta Fungsi Tujuan dan Macam-Macam Bisnis


PengertianBisnis Secara Umum Beserta Fungsi, Tujuan Dan Macamnya


·         Daftar isi         
·         PengertianBisnis Menurut Para Ahli
·         Hughesdan Kapoor
·         Browndan Pretello
·         JeffMadura
·         L.R. Dicksee
·         TujuanBisnis
·         FungsiBisnis
·         Macam-MacamBisnis

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan sebuah dari kata bisnis? Pengertian Bisnis sendiri yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun bersama, sehingga melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang atau jasa, dengan bertujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan atau laba.

Kata “bisnis” sendiri berasal dari kata bahasa Inggris, yaitu “business” yang berarti kesibukan. Dalam konteks sederhana ini, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu kegiatan atau aktivitas pekerjaan yang dapat memberikan keuntungan atau laba pada seseorang.

Dan berikutnya penggunaan kata “bisnis” sendiri dapat dibedakan menjadi tiga macam, itu semua tergantung skupnya. Kata bisnis dapat berujuk ke :
·         Badan Usaha, atau kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan atau laba.
·         Sektor Pasar, misalnya pasar Modal.
·         Seluruh aktivitas mengarah pada komunitas produsen barang dan jasa.


Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami lagi dari arti kata bisnis, maka kita dapat merujuk susuai menurut beberapa para ahli. Berikut ini adalah pengertian dari kata bisnis menurut para ahli:

1. Hughes dan Kapoor

Menurut pakar ahli Hughes dan Kapoor, definisi dari kata bisnis adalah suatu aktivitas atau kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan sebuah barang dan jasa guna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Brown dan Pretello

Menurut ahli Brown dan Pretello, pengertian bisnis sendiri adalah sebuah lembaga yang dapat menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan semua yang mencakup ke berbagai bidang usaha, yang biasa dilakukan oleh pemerintah maupun swasta.

3. Jeff Madura

Menurut ahli Jeff Madura, pengertian dari bisnis sendiri adalah sebuah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh para pelanggan sesuai kebutuhan.

4. L. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, kata bisnis yang berarti suatu bentuk aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi yang membutuhkan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas.

Tujuan Bisnis

Fungsi Bisnis

Tujuan utamadalam bisnis adalah suatu aktivitas untuk mendapatkan sebuah keuntungan dengan cara memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dan adapun beberapa tujuan dari bisnis sendiri adalah sebagai berikut:
·         Untuk memperoleh sebuah keuntungan dari kegiatan bisnis.
·         Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan masyarakat.
·         Untuk mencapai tujuan kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
·         Menciptakan sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
·         Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka waktu panjang.
·         Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.
·         Dan untuk menunjukkan prestise dan prestasi.

Fungsi Bisnis

Fungsi Bisnis

Dalam semua kegiatan bisnis pastinya berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya mungkin tidak bernilai hingga menjadi sesuatu yang bernilai tinggi, sehingga setelah di olah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Adapun fungsi dari bisnis adalah sebagai berikut:

·         Form Utility, yaitu fungsi produksi yang dimana sebuah bisnis sendiri dapat menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Misal, bisa perusahaan furniture, perusahaan jasa  keuangan.
·         Place Utility, yang berfungsi sebagai distribusi dimana sebuah bisnis ini menyalurkan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau oleh konsumen.
·         Possessive Utility, yang fungsi sebagai penjualan dalam bisnis.
·         Time Utility,  yang berfungsi sebagai penyimpanan dan pemasaran bisnis, yang dimana barang pada saat kurang bermanfaat, untuk nantinya dikeluarkan pada waktu tertentu barang menjadi bisa lebih bermanfaat.


Menurut Ahli Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:

·         Acquiring Raw Material                                  : untuk mencari bahan mentah.
·         Manufacturing Raw Materials Into Product   : atau mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
·         Distributing Product to Consumers                 : untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.


Macam-Macam Bisnis

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pengertian bisnis itu pada akhirnya akan merujuk ke skup atau sektor tertentu yang dicakupnya. Adapun macam-macam bisnis adalah sebagai berikut:

·         Bisnis Pertanian, yaitu usaha yang bergerak di bidang pertanian atau agro bisnis yang meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lainya.
·         Bisnis Produks Bahan Mentah, yaitu suatu bidang usaha yang bergerak di sektor pertambangan, kehutanan, dan lain-lainya, dimana produk yang dihasilkan adalah bahan mentah yang untuk diolah kembali.
·         Bisnis Manufaktur, yaitu usaha yangbergerak di bidang pengolahan bahan baku atau bahan mentah yang di olah menjadi bahan jadi.
·         Bisnis Konstruksi, yaitu usaha yang bergerak di bidang pembangunan konstruksi atau infrastruktur, misal seperti jalan raya, gedung bertingkat, bandara udara, dan sebagainya.
·         Bisnis Transportasi, yaitu usaha yang bergerak di bidang tranportasi yang membantu mobilitas masyarakat dalam menyalurkan suatu barang.
·         Bisnis Komunikasi, yaitu usaha yangbbergerak di bidang komunikasi yang membantu masyarakat dalam hal berkomunikasi guna untuk mencari informasi. Misalnya televisi, radioa, telepon, dan lainnya.
·         Bisnis Perdaganan Besar/ Kecil, yaitu usaha yang bergerak di bidang niaga yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen.
·         Bisnis Finansial, Asuransi, dan Real Estate, yaitu usaha yang bergerak di bidang keuangan yang membantu masyarakat dalam hal perkreditan permodalan, asuransi, dan juga perencanaan dan kredit kepemilikan properti.
·         Bisnis Jasa, yaitu suatu usaha yang kegiatannya menciptakan dan menjual produk yang tak berwujud, dengan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Nah, Di atas tadi adalah penjelasan dan ringkasan mengenai tentang pengertian bisnis, tujuan bisnis, fungsi bisnis, serta macam-macam bisnis secara umum. Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu anda.

0 komentar:

Post a Comment