Tuesday 1 January 2019

12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling NgeHits

12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling NgeHits

Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling NgeHits


12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Ngehits, Tempat Wisata paling Terindah - Apa yang kalian ingat ketika disebut dengan nama Kabupaten Temanggung ? Siep, Temanggung banyak dikenal oleh masyarakat luas yakni sebagai kabupate penghasil tembakau nomor satu di Indonesia.

Tembakau dari Temanggung ini dikenal dengan bercita rasa tinggi. Salah satunya jenis tembakau yang banyak dicari yakni "tembakau srinthil". Tembakau ini biasa dipakai oleh beberapa perusahaan rokok terkenal di Indonesia.

Kabupaten Temanggung adalah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang memiliki kondisi geografis yang sungguh sangat unik. Kabupaten Temanggung yang terletak diantara dua Gunung yakni gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Kondisi inilah yang menyebabkan Kabupaten Temanggung banyak menyimpan keindahan alam yang sungguh sangat memukau. Lokasi Kabupaten Temanggung ini yang berada di sebelah selatan Kabupaten Kendal, sebelah Utara Kabupaten Magelang, Sebelah Barat Kabupaten Semarang dan sebelah timur yakni Kabupaten Wonosobo.

Masih ada banyak tempat wisata di Kabupaten Temanggung terutama yakni dengan wisata alamnya. Dan berikut inilah 12 Tempat Wisata di Temanggung Yang Paling Terkeren dan ngehits!

1. Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong



Tempat wisata alam inilah yang pertama harus anda kunjungi yakni Dataran Tinggi Posong. Tempat wisata posong temanggung merupakan daerah dengan ketinggian kurang lebih 2000 mdpl dimana dari tempat inilah kita akan dapat melihat pemandangan alam yang luar sungguh biasa.

Keindahan pemandangan di Posong bahakan ada yang menyamakan-nyamakan dengan keindahan alam di Dieng yakni Plateau Wonosobo. Dari Dataran Tinggi Posong inilah anda akan dapat melihat sunrise yang sangat menawan serta pemandangan 7 puncak gunung di sekitar daerah Temanggung yakni Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria.

Jika kalian berminat kalian dapat meyewa homestay yang berada di Dataran Tinggi Posong. Untuk menyewanya sendiri kalian jua dapat menghubungi Jogorekso Community atau pengelola wisata yang dikelola oleh para pemuda di daerah Dataran Tinggi Posong yang beralamat Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

2. Kledung Pass

Kledung Pass


Kledung merupakan nama dari Kecamatan yang berada diantara Gunung Sindoro dan Sumbing. Di Kecamatan inilah terdapat jalur yang menghubungkan antara Kabupaten Temanggung dengan Kabupaten Wonosobo.
Di jalur ini juga terdapat tempat yang menarik yakni Kledung Pass dimana di tempat inilah terdapat tempat yang terbuka dengan background pemandangan alam pegunungan yang sangat indah.

Di sekeliling Kledung pass juga terdapat pemandangan hijau dari pepohonan dan tanaman-tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar.

Misal tembakau, dan aneka macam aneka sayuran-sayuran. Jika kalian sedang melewati jalur Temanggung wonosobo, kalian juga bisa mampir sekedar istirahat dan berfoto-foto di tempat wisata alam kab.Temanggung.

3. Embung Kledung

Embung Kledung


Masih ngomongin tentang tempat wisata di Kecamatan Kledung Jawa Tengah, Nah, kali ini akan saya sampaikan tentang wisata yang bernama Embung Kledung.

Embung  yakni sebuah danau buatan yang tidak terlalu besar. Embung sendiri biasanya digunakan untuk menampung air hujan, sehingga saat itilah dapat dimanfaatkan untuk tujuan irigasi. Embung di Kledung sebenarnya mirip dengan embung dari daerah lain.

Namun di saat cuaca pas cerah kalian dapat melihat embung dengan latar belakang Gunung Sindoro yang begitu indah. Oleh karena itu banyak warga dan para pengunjung datang untuk menikmati keindahan alam di Obyek wisata Temanggung Embung Kledung.

4. Hutan Pinus dan Umbul Jumprit

Hutan Pinus dan Umbul Jumprit


Destinasi wisata kab.Temanggung Umbul Jumprit merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Temanggung yang semakin lama semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Di tepat inilah terdapat umbul yang memiliki mata air yang alami. Di setiap ada acara perayaan Trisuci Waisak di Candi Borobudur oleh kaum umat agama Budha, air keberkahan inilah selalu diambil dari Umbul Jumprit.

Banyak yang memandang tempat ini yang katanya sebagai tempat keramat. Hal itu juga tak lepas dari sejarah umbul Jumprit sendiri yang dulunya tak bisa dilepaskan dari sejarah Kerajaan Majapahit.

Konon, di tempat Umbul Jumprit ini dahulu katanya sebagai tempat mengasingkan diri dari Pangeran Singonegoro beserta para pengikutnya yang dulunya seorang Pangeran Majapahit yang tidak mau mengikuti kepemimpinan yang baru yang pimpin oleh Raden Patah di Demak Bintoro.

Disekitar umbul juga ada sebuah hutan pinus yang begitu indah. Kalian akan dapat berfoto ria di tempat ini ditambah dengan pemandangan yang bikin memukau. Dan Curug Jumprit sendiri ada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Kab.Temanggung.


5. Curug Surodipo

Curug Surodipo


Jika kalian menginginkan sebuah curug yang masih asli dan masih terjaga keasliannya nah, maka kalian dapat juga mengunjungi Curug Surodipo di Temanggung Jawa Tengah.

Tempat wisata Curug di Temanggung inilah yang dikenal sebagai Curug Trocoh, yang berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo. Curug ini juga memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 120 meter dengan pemandangan di sekeliling yang masih hijau dan indah.

Nama Nama Surodipo itu juga diambil dari nama salah satu pasukan Pangeran Diponegoro, yang waktu itu sedang membangun benteng pertahanan di Desa Tawangsari ketika jaman peperangan Jawa berlangsung.

Namun sayang waktu itu akses jalan menuju tempat wisata masih belum bagus.

6. Curug Onje

Curug Onje



Tempat wisata Curug kawasan Temanggung yang juga banyak dikenal dengan sebutan Curug Onje. Curug ini memiliki beberapa keistimewaan yang berupa adanya 7 air terjun yang berjejeran.

Dan air yang mengalir sungguh sangat jernih sehingga terjamin aman jika digunakan untuk berbasah seperti mandi dan lainya. Dengan adanya jejeran air terjun inilah sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat indah di Curug Onje dan sehingga curug ini menjadi wisata terpopuler dikawasan Temanggung.

Untuk pergi ke Curug Onje ini kalian juga dapat datang ke Desa Duren kec. Bejen Kab. Temanggung.

7. Pikatan WaterPark Temanggung

Pikatan WaterPark Temanggung


Selain terdapat wisata alam, juga di Kab Temanggung, terdapat wisata keluarga yang berupa waterboom yakni Pikatan WaterPark. Tempat wisata keluarga Pikatan WaterPark. Yang berlokasi di Desa Mudal Kec. Temanggung.

Dari lokasi inilah kalian akan dapat melihat pemandangan yang sangat indah dari Gunung Sindoro dan Sumbing. Luas dari Pikatan WaterPark Temanggung ini yakni sekitar 1,5 ha yang menyuguhkan kesejukan kolam renang dan juga berbagai macam wahana permainan air dan permainan lainnya.

Beberapa wahana yang ada di Pikatan WaterPark Temanggung yakni ada 11 water slide, 5 kolam renang, flying fox, jembatan goyang, dan ember tumpah. Jika kalian ada waktu luang jangan lupa sempatkan berkunjung ke Pikatan WaterPark bersama keluarga tercinta.

8. Candi Pringapus

Candi Pringapus


Di kabupaten Temanggung ternyata juga banyak menyimpan peninggalan bersejarah yang berupa candi yakni Candi Pringapus. Candi Pringapus yang berada di Desa Pringapus, Ngadirejo Kab Temanggung.

Menurut para pengamat ahli arkeologi, Candi Pringapus ini juga termasuk candi peninggalan Agama Hindu yang diperuntukkan untuk sarana pemujaan Dewa Siwa.

Berdasarkan prasasti yang ditemukan didaerah candi, Candi Pringapus ini dibangun pada kurang lebih tahun 850 M dan kemudian direstorasi pada tahun 1932.

Pada hari libur biasa banyak para pengunjung yang berdatangan ke candi ini. Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga ada turis mancanegara yang menyempatkan untuk berlibur di Candi Pringapus.

9. Monumen Meteorit

Monumen Meteorit


Wisata Temangung merupakan tempat wisata yang unik, karena belum tentu ada di tempat daerah lain. Wisata yang saya maksud yakni Monumen Meteorit.

Monumen Meteorit ini dulu dibangun untuk mengingat adanya peristiwa alam yakni jatuhnya meteor di Desa Wonotirto disaat Hari Jumat tanggal 11 Mei 2001 sekitar pukul 09.00.

Benda langit yang jatuh dengan berukuran sebesar kepal tangan orang dewasa dan berjumlah 2 buah. Adanya utuk penelitian kemudian batu meteor disimpan di Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta Jawa Tengah.

Namun di tahun 2010 batu meteor itu dikembalikan lagi kepada Pemerintah Kabupaten Temanggung dan kini disimpan di Kantor Bupati Temanggung.
Saat ini monument kab.Temanaggung banyak dikunjungi oleh wisatawan karena ingin melihat langsung daerah yang dulunya pernah terdapat meteor jatuh.


10. Embung Tlogopucang

 Embung Tlogopucang


Selain Embung Kledung, di Kab. Temanggung juga terdapat embung lain, yang juga sama memiliki pemandangan yang indah yakni Embung Tlogopucang. Sesuai namanya, Embung Tlogopucang tempat yang berada di Ds. Tlogopucang Kec. Kandangan Kab. Teangung.

Embung yang berada di kawasan perbukitan dan mempunyai pemandangan yang begitu indah dengan latar belakang Gunung Sindoro, Sumbing dan Gunung Prau.

Sama dengan Embung pada umumnya, Embung ini juga berguna untuk menampung air limpasan atau air hujan karena ini agar tidak terjadi erosi, dan juga agar air yang tertampung dapat digunakan sebagai sarana irigasi tanaman klengkeng dan lainya.

Seiring berjalannya waktu kini pemandangannya yang indah, Yakni Embung Tlogopucang kini berubah menjadi sebuah tempat rekreasi di temanggung.

11. Curug Lawe

Curug Lawe


Kondisi Temanggung yang banyak perbukitanya maka juga dapat menyebabkan banyaknya air terjun atau curug. Selain Curug Surodipo, di Kab Temanggung ada juga terdapat curug lain yang bernama yakni Curug Lawe.

Curug yang berada di Desa Muncar, Kec Gemawang Kab Temanggung. Dalam bahasa jawa  kata Lawe yang berarti untaian benang berwarna putih.

Dinamakan curug lawe di karenakan air yang mengalir di Curug Lawe inilah seperti untaian benang putih yang indah. Maka tak heran jika Curug Onje ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dan kini menjadi sebuah tempat wisata daerah temanggung.

12. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing


Seperti saya sampaikan seperti diatas Kab. Temanggung yang berada diantara dua Gunung yakni Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Sehingga ketika kalian bicara tentang wisata Temanggung maka kalian juga tidak akan dapat lepas dari kedua gunung tersebut.

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing  juga memiliki pemandangan yang sangat indah baik dilihat scara langsung atau dari puncak maupun dari kejauhan.

Lebih indah lagi jika kalian melihatnya dari kedua puncak gunung tersebut, karena selain dari kedua gunung tadi kalian juga akan dapat melihat puncak gunung lain seperti Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dll.

Untuk mendaki Gunung Sindoro kalian juga dapat melakukan dengan mengambil jalur Kledung. Sedangkan untuk mendaki GUnung Sumbing biasa dapat dimulai dari Base Camp Cepit yang terletak di Ds. Pager Gunung, kec. Bulu, kab Temanggung.

Demikianlah informasi tentang 12 Tempat Wisata yang berada di Temanggung Yang Paling indah,
Sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata yang menarik di kawasan daerah temanggung yang masih dapat dieksplore. Apa yang saya ceritakan diatas hanyalah sebagian saja.
Lokasi: Temanggung Regency, Central Java, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment