Friday 14 December 2018

19 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kamu Ketagihan



19 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kamu Ketagihan !


Makanan Ciri Khas Jawa Tengah – Makanan ciri khas memang begitu berbeda dan menggoda untuk dinikmati ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Terasa kurang afdol rasanya kalau udah tiba di suatu tempat nggak nyobain makanan khas yang ada disuatu tempat yang berbeda. Apa kata dunia kalau udah datang ke tempat yang jauh tapi belum pernah merasakan makanan yang ada di suatu tempat tersebut.

Nah, kali ini tempat yang mau kita kunjungi adalah ada di daerah Jawa Tengah nih. Biar kamu tau apa aja makanan khas yang ada di daerah jawa tengah, yuk simak terus beberapa makanan khas yang ada di daerah tersebut. Kalau udah tau, jangan lupa nanti cobain ya ketika pas kamu datang ke sana.

Ngomong soal Jawa Tengah, aduh nggak cuma Semarang aja lho. Jawa Tengah itu punya banyak makanan khas lho, mari kita lihat makanan khas yang ada di daerah sana.


1. Lumpia Semarang  (Jajanan Khas Jawa Tengah)



Siapa yang belum tau makanan khas-nya Semarang itu apa? Rata-rata hampir semua orang kalau ditanya pasti jawabnya adalah lumpia. Lumpia lebih enak kalau dimakan saat masih keadaan hangat . Apalagi kalau makannya dikasih dengan saus atau dengan cabe, hemmm nyam-nyam, pasti tambah nikmat tuh.
Lumpia mempunyai isi yang bermacam-macam, ada yang memakia daging ayam, telur, sayur-sayuran dan juga udang. Kalau kamu nanti berkunjung ke Semarang. Jangan lupa ya cobain makan yang khas ini, yang bikin lidah ketagihan.

2. Tahu Petis (Makana Khas Jawa Tengah)



Nah gays, kalau tadi itu lumpia, nah kalau sekarang ini makanan dari olahan tahu, yakni tahu petis yang rasanya tidak kalah dengan lumpia. Makanan ini asli khas dari Semarang. Basanya tahu petis ini digunakan untuk camilan keluarga dan bisa kok mau dimakan dengan nasi pkok.nya sama nikmatnya.
Bahannya tahu petis ini, ya tentu saja dari tahu gays, tepatnya tahu goreng. Kenapa dinamakan tahu petis karena tahu goreng ini ada tambahanya saus hitam yang namanya petis. Nah, petis ini juga terbuat dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak lama sampai menjadi kental.

3. Telur Asin


Telur yang rasanya asin. Makanan khas yang berasal dari telur bebek yang terkenal di daerah Brebes Jawa Tengah. Basanya telur asin ini dimakan dengan nasi putih, tapi ada juga lho yang langsung dimakan gitu aja tanpa nasi.

4. Tempe Mendoan



Makanann yang khas dan sangat terkenal di daerah Banyumas dan Purwokerto. Hampir di semua daerah Jawa Tengah, tidak jauh dari makanan yang satu ini.
Bahkan hampir disemua warung yang ada di daerah Jawa Tengah sebagaian besar menjual gorengan tempe dan mendoan. Sampai sekarang ini masyarakat Banyumas dan Purwokerto menyebutnya tempe ini, yang digoreng dengan tepung sampai garing juga ikut disebut mendoan.

5. Enting-Enting Gepuk



Tau nggak makanan yang diiklankan di tv yang namanya ting-ting? Nah, itulah bentuk yang modern dari enting-enting gepuk. Kalau saya sih mending milih enting –enting nya. Enting-enting ini khas asli dari daerah Salatiga ( Jawa Tengah).
Bahan-bahan ini berasal dari kacang tanah yang dilembutkan kemudian dipadatkan lagi. Tapi sebelumnya itu udah dicampur dengan gula Jawa alami biar semua menyatu menjadi satu (itulah indonesiaku).

6. Nasi Gandul  (Makanan Khas Jawa Tengah)



Kalau kamu berkunjung ke Pati, jangan lupa gays coba cicipi makanan yang satu ini nasi gandul. Cara menyajikan nasi gandul ini ialah dengan menggunakan daun pisang. Udah Beda kan? Rasa nasi inilah yang menjadi lebih gurih dari nasi yang lainnya.
Bahkan ada juga lho yang menambahkan daun pandan disaat waktu memasak nasi gandul, kenapa ya gays, iya jelasnya biar wanginya makin sedap dan tentu saja agar menambah selera makan kita.
Nah gays, nasi gandul ini agar lebih enak kalau kita makannya langsung di kota Pati. Dengan paduan kuah yang segar ditambah lagi lauk yang berupa daging sapi yang telah diolah. Tentu itu akan menjadi pelengkap yang semakin membuat nasi gandul ini menjadi lebih nikmat dan lezat.

7. Nasi Liwet




Lain tempat juga lain pula namanya, kalau tadi nasi gandul, kini sekarang nasi liwet. Asal makanan nasi ini dari kota Solo Jawa Tengah,per bedaanya sama nasi gandul mungkin hanya  penyajianya tapi sama pula bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan potongan ayam dan kadang pula pakai labu siam.
Masakan nasi liwet ini sebenarnya hampir sama kayak bikin nasi uduk biasanya. Pertama masak beras dan tambahkan santan biar terasa ada gurih-gurih nya. Kalau kamu berkunjung ke Solo, jangan lupa cobain makanan khas yang satu ini.

8. Rondo Royal


Nah, kalau makanan yang satu ini namanya agak sedikit aneh dan nylekit yakni Rodo Royal. Nggak tau sih apa maksud dari nama rondo royal, padahal sebenarnya rondo itu punya arti janda lho. Makanan yang satu ini juga berasal dari daerah Jepara jawa tengah, bahannya yakni dari tape singkong. Dan ternyata itu tape goring  hahaha...
Jadi tape yang tadi itu dimasukkan ke adonan tepung yang telah di bumbuhi dan kemudian ya digoreng, terus jadi deh rondo royal namanya Hahaha … Buat kamu yang penasaran pengen nyicipin makanan yang satu ini,
Nggak perlu bingung dari pada pergi jauh-jauh ke Jawa Tengah, mending kamu buat sendiri aja bisa kok . Kalau males membuatnya ya tinggal beli di tukang gorengan aja gampang kan, siapa tau adah tuh.

9. Soto Kudus Makanan Khas (Jawa Tengah)



Makanan yang satu ini adalah soto khas Kudus yang berasal dari daerah Kudus Jawa Tengah. Pastinya ada perbedaan soto Kudus dari soto yang lain adalah penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil. Selain itu, soto khas kudus ada banyak versinya nih, ada juga yang pakai daging kerbau atau ada juga yang pakai daging ayam.
Nah, kalau kamu ingin tau bagaimana rasa sensasinya makan daging kerbau itu kayak apa,langsung datang aja ke daerah Kudus. Dan cobain deh rasa dan penyajian soto khas Kudus yang pakai daging kerbau dan daging ayam yang berbeda, rasakan sensasinya yang bikin mak yusss….

10. Gethuk



Gethuk adalah makanan khas yang menggunakan bahan dasar singkong. Sebenarnya Gethuk nggak cuma ada di Jawa Tengah aja, di Jogja juga ada yakni malah gethuk goreng lho. Dan ternyata kenyataanya makanan ini terkernalnya hanya dari daerah Jawa Tengah.
Gethuk dulu warna aslinya adalah putih, tapi kini sekarang bermacam-macam warna semua itu agar lebih lebih menarik. Selain itu ada juga lho gethuk yang digoreng , jadinya ya gethuk goring Hahaha … Tapi rasanya nggak kalah juga sama gethuk yang biasa.

11. Wajik

 
  

Wajik yang terbuat dari bahan dasar beras ketan dan santan kelapa muda yang dimasak dengan menggunakan gula merah jawa. Yang rasanya manis, gurih karena memakai gula jawa dan tambahan santan kelpa muda. Warna wajik ya tentu saja coklat karena warna tersebut berasal dari kealamian gula jawa.
Tapi kini sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada pink, hijau, merah dan warna lain sebagainya. Nah kalau itu, warna-warni pemanisnya tidak menggunakan gula jawa, tapi menggunakan bahan gula pasir.

12. Dawet Ireng (Minuman Khas Jawa Tengah)




Kalau kamu berkunjung ke daerah Purworejo dan merasa kehausan, coba cobain deh cari dawet ireng yang ada di daerah sana. Dawet ireng ini beda lho dengan dawet yang lain. Biasanya dawet umumnya berwarna hijau kan.
Seperti namanya, dawet ireng pasti warnanya ya irenglah atau yang kurang tahu yakni warna hitam.
Warna hitam yang ada di dawet ini didapatkan dari bahan yang alami yakni dari abu jerami. Abu jerami yang digunakan dalam proses pembuatan cendol dawet ireng.

13. Mangut Beong



Makanan yang khas satu ini adanya Cuma di Kota Magelang saja sobat. Kota yang letaknya bersebelahan dengan Jogja, tempat di mana ada Candi Borobudur berada
yakni di Magelang Jawa Tengah, kamu bisa kok mencicipi mangut beong, mangut yang terbuat dari ikan beong pastinya.
Apa kamu tahu, apa ikan beong itu? Ikan beong kalau dilihat dari sekilas hampir sama dengan mirip ikan lele, tapi sebenarnya itu bukan lele. Ikan beong ini yang berasal dari Sunga Progo. Ikan ini memiliki rasa yang khas lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak gampang hancur.

14. Brekecek



Ada nggak yang pernah denger dengan nama makanan brekecek ini? Makanan ini merupakan makanan khas dari daerah Jawa Tengah, tepatnya ada di daerah Cilacap.
Walaupun namanya agak aneh, tapi kalau kami udah nyicipin rasanyanya, pasti mungkin kamu bakalan ketagihan, atau paling nggak, ya pasti lidahmu akan bakal dibikin bergoyang sama makanan brecek khas Jawa Tengah ini Hahaha...

15. Nasi Grombyang



Nasi grombyang merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah, tepatnya berasal dari daerah Pemalang. Tapi makanan ini didapat dari cara penyajiannya, yakni kuahnya yang lebih banyak dari pada isinya, sehingga sangat kelihatan grombyang-grombyang.
Kuliner yang khas ini bahan dasarnya adalah terbuat dari daging kerbau, nasi, dan kuah. Penyajiannya yaitu menggunakan mangkuk kecil dan seta ditambahkan dengan sate kerbau.
Kalau kamu ingin mencari penjual nasi grombyang ini, ciri khas nya yakni biasanya si penjual nasi grombyang alat memasakanya menggunakan kuali berukuran besar dengan tempat nasi yang ditutup menggunakan kain yang berwarna merah. Selain itu, biasanya penerangan warungnya yang digunakan adalah lampu yang berwarna remang-remang.

16. Getuk Goreng



Kalau umumnya getuk itu dikukus, tapi yang satu ini malah digoreng. Getuk goreng ini adalah makanan khas yang berasal dari daerah Sokaraja, Banyumas Jawa Tengah.
yang mempunyai rasa khas manis-manis gurih.
Bahan dasar membuat getuk goreng adalah singkong dan rasa manisnya berasal dari gula Jawa atau gula merah.
Getuk goreng ini dulu pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad yakni penjual nasi keliling pada tahun 1918. Selain nasi dia juga menjual getuk, tapi getuk yang dijualnya tidak begitu laku.
Dan akhirnya, Sanpirngad memutar otak. Lalu ia mencoba menggoreng gethuk yang tidak laku tadi itu. Dan ternyata, getuk yang digoreng tadi malah banyak yang meminatinya.

17. Jenang Kudus



Apa kamu tahu makanan dodol Garut? Kalau kamu tahu, pastinya kamu tahu dengan jenang Kudus, karna makanan ini hampir mirip sama dodol Garut, tapi asalnya khas dari Kudus Jawa Tengah.
Jenang Kudus ini biasanya dijadikan untuk oleh-oleh khas ketika sedang berpergian atau ketika berkunjung ke kota Kudus Jawa Tengah. Jenang Kudus ini cara penyajianya adalah bentuk yang memanjang dan dibungkus dengan menggunakan plastik bening.
Kamu bisa kok, membeli dalam bentuk kiloan atau yang sudah di bungkus yang sudah dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Jenang Kudus ini memiliki rasa yang khas lho yakni rasa manis dan teksturnya legit. Dan rasa yang lezat dari jenang sudah tersebar dimanjanegara

18. Mie Ongklok



Kalau kamu sedang berwisata di daerah Wonosobo Jawa Tengah. Jangan lupaYA  coba cicipi makanan khas mie ongklok ini. Kuliner mie ini yakni mie yang direbus dan diracik dengan menggunakan kol dan potongan-potongan daun kucai.
Kuah pada mie ongklok ini menggunakan bahan kanji, jadi terasa lebih kental dari pada kuah mie biasanya. Untuk bisa menikmati mie ongklok ini, kamu bisa memilih pilihan sebagai pendamping rasa ada sate sapi, tempe kemul atau keripik tahu
Mie ini diberi nama mie ongklok karena mie ini menggunakan ongklok yakni sejenis keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu. Ongklok ini dipakai untuk merebus mie ke dalam kuahnya tersebut. Kalau merasa penasaran, langsung saja coba cicipin langsung di daerah Wonosobo, sambil berwisata ke Dieng bersama keluarga.

19. Garang Asem



Bahan dasar Makanan ini yakni ayam yang dimasak bersama santan dengan menggunakan daun pisang sebagai bahan pembungkusnya. Rasa dari garang asem ini seperti namanya yaitu asam dan juga ada rasa pedas-pedasnya, pasti kan bikin menggugah seleramu untuk mencicipinya.
Garang asem ini merupakan makanan dari daerah Jawa Tengah, seperti kota Kudus, Semarang, Pekalongan, Demak dan Pati. Nah, itulah dia beberapa makanan yang khas dari Jawa Tengah yang bisa kamu nikmati kalau kamu sedang berkunjung. Jadi kalau kamu pergi ke manapun, jangan lupa coba cicipin makanan khas yang ada di Jawa Tengah.

0 komentar:

Post a Comment