Thursday 10 January 2019

6 Tempat Wisata Di Sidoarjo Yang Penuh Sejarah



Tempat Wisata Di Sidoarjo


Sidoarjo adalah sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur namanya mulai dikenal karena adanya beberapa obyek-obyek wisata yang menarik. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda sekali-kali berkunjung kesini untuk menikmati keindahan wisata alamnya.

Jika anda tinggal di Jawa Timur, Maka anda tidak perlu berlibur jauh-jauh. Dengan biaya yang pas-pasan, anda akan bisa mendapatkan kesenangan walaupun tidak berlibur ke luar Jawa. Karena liburan yang paling penting adalah kebersamaan dengan keluarga, serta teman atau pasangan.

Kediri bisa menjadi destinasi anda selanjutnya jika anda punya rencana untuk rekreasi. Di Sidoarjolah tempat wisatanya tidak kalah bagus dari kota-kota lain, bahkan obyek wisata alamnya juga menawarkan pemandangan yang indah dan tiada duanya.

Nah, berikut ini daftar-daftar tempat wisata di Sidoarjo yang sayang jika anda melewatkanya.

1. Wisata Pulau Sarinah dan Tlocor- Sidoarjo

Wisata Pulau Sarinah dan Tlocor- Sidoarjo


Tempat wisata yang berada di Kabupaten Sidoarjo, sesuai namanya terletak di Kampung Tlocor, tepatnya yang berada di Desa Kedung pandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Pulau Sarinah ini terbentuk karena sedimentasi Lumpur Lapindo.

Lokasi inilah justru malah bisa menarik perhatian wisatawan karena suasana hutan bakau di sekitarnya yang sejuk serta tenang. Para pengunjung  bisa menggunakan perahu guna untuk menyusuri lokasi ini lebih jauh lagi. Dan tersedia juga dermaga buatan agar perahu bisa lebih merapat.

2. Wisata Candi Pari

Wisata Candi Pari

Candi yang memiliki ciri bentuk segi empat serta terbuat dari batu bata. Lokasi yang berada di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong dan hanya jarak beberapa kilometer saja dari pusat semburan lumpur.

Candi Pari ini konon merupakan peninggalan sejarah dari masa Majapahit terutama pada masa kepemimpinan dari Hayam Wuruk. Dan para pengunjung nanti akan dibawa untuk melihat nuansa religi dari agama Hindu termasuk beragam arca Agastya, arca Siwa Mahadewa dan arca Ganesha.

Para pengunjung juga akan dapat belajar tentang sejarah di sini sehingga cocok sebagai wisata keluarga terutama untuk anak-anak dan para siswa.

3. Wisata Monumen Sidoarjo

Wisata Monumen Sidoarjo

Wisata berikutnya yakni yang dapat kita temukan di Sidoarjo yaitu Monumen Sidoarjo. Monumen ini dapat kita temukan di Alun-alun Sidoarjo Jawa Timur, di mana terdapat pula sebuah pepohonan raksasa yang rimbun serta teduh.

Monumen Sidoarjo ini memiliki logo udang serta bandeng raksasa. Landmark kota yang satu ini semakin lengkap berkat adanya Masjid Agung Sidoarjo dan serta beberapa bangunan kuno yang berfungsi sebagai bank serta kantor pemerintahan.

Salah satu alasan kenapa pengunjung harus menuju ke Monumen Sidoarjo ini terutama yakni karena banyaknya pusat jajanan yang ada di alun-alun. Tidak sedikit juga masyarakat setempat yang memanfaatkannya untuk bersepeda serta berjogging.

4. Wisata Pantai Kepetingan

Wisata Pantai Kepetingan

Sidoarjo menyimpan beberapa surga tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh para traveler indonesia. Salah satunya yakni wisata Pantai Kepetingan Sidoarjo yang masih alami sekali dan belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Pantai yang berada di Kecamatan Buduran tepatnya di Desa Sawonan. Untuk dapat sampai ke wisata Pantai Kepitinganini , pengunjung hanya harus melewati jalur laut yang cukup jauh dan juga menantang.

Pengunjung nanti akan merasakan keindahan pantai layaknya sungai hutan di pedalaman kalimantan yang amat nuansa alamnya, dan serta masih sangat asri dan indah.
Ditambah dilengkapi dengan hijaunya pemandangan hutan bakau dan merdunya kicauan burung yang bernyanyi dan semakin menyerukan suasana.

5. Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Pembentukan wisata ini terjadi akibat adanya bencana alam yang cukup menyita perhatian penduduk Indonesia. Di awali dengan adanya semburan lumpur yang amat panas pada sebuah perusahaan tepatnya di lokasi pengeboran lapindo Brantas.

Akibat semburan lumpur telah menenggelamkan beberapa pemukiman di tiga kecamatan dan kawasan perindustrian.

Namun benar adanya, setiap kejadian dalam hidup juga tersimpan hikmah yang bermanfaat bagi sebuah kehidupan. Peristiwa mengerikan dari sebuah semburan Lumpur Lapindo kini malah menjadi sebuah objek wisata di Sidoarjo yang ramai dikunjungi. Banyak parawisatawan yang datang ke Sidoarjo karena penasaran dengan aktivitas Lumpur Lapindo ini.

Dengan mengunjungi objek wisata di Sidoarjo, maka pengunjung akan dapat menyaksikan semburan lumpur yang berasap pada bagian tengah yang terlihat keren dan cukup mengerikan.

Sehingga pengunjung dihimbau untuk tetap berhati-hati karena lumpur yang masih aktiv dan menyembur dengan kuat sewaktu-waktu bisa dapat membahayakan.

6. Wisata Sidoarjo Delta Fishing

Wisata Sidoarjo Delta Fishing

Bagi Anda yang hobi memancing, nampaknya Delta Fishing Sidoarjo juga sangat cocok sekali untuk dikunjungi. Karna delta Fishing merupakan wahana pemancingan sekaligus sebagai sarana rekreasi yang banyak dan juga menarik perhatian para traveller.

Wisata pemancingan yang keren yang berada di Kecamatan Buduran tepatnya di Desa Prasung dengan berbagai fasilitas, dan disediakan seperti kolam renang, flying fox, sepeda air, outbound dan sebagainya yang seru untuk Anda coba.

Ikan-ikan yang dapat dipancing dengan beraneka ragam seperti ikan mujahir, bawal, hingga ikan gurami yang lezat untuk dioleh menjadi menu makanan.

Dijamin memancing di wisata Sidoarjo Delta Fishing tidak hanya sekedar memancing saja. Tapi juga lebih ke wisata merefreshkan, coba pikirankan sekaligus menyalurkan hobi yang mahal dan tidak terganti dengan apapun.
Berliburpun menjadi lebih menyenangkan dengan santapan ikan lezat hasil pancingan sendiri. Lengkap dan menarik bukan hanya pilihan tempat wisata di Sidoarjo.
 Anda juga akan bisa menikmati waktu liburan bersama sahabat dan keluarga dengan nuansa berbeda dan pastinya liburan akan lebih menjadi seru dan menyenangkan.

Jangan kaget jika Anda menjadi berkecanduan untuk mendatangi kembali objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo, karena tempatnya yang menarik.

Lokasi: Telocor, Tanjungsari, Kupang, Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61276, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment