Thursday 31 January 2019

19 Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba, Awas Lidah Bergoyang !


Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba


19 Makanan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba, Awas Lidah Bergoyang !

Makanan Khas Makassar – Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam-macam suku dan budaya, yang menjadikan Indonesia kini memiliki banyak makanan dari tiap-tiap tempat daerahnya. Termasuk Juga Di Makassar, ada banyak makanan yang berasal dari Makassar yang mungkin belum pernah diketahui oleh anda.

Jika kalian datang berada ke Makassar, jangan lupa untuk mencicipinya makanan yang berasal dari Makassar. Nah, berikut ini liputan tentang makanan khas dari Makassar.

1. Coto Makassar_ Makanan Khas Makassar

Coto Makassar_ Makanan Khas Makassar


Makanan yang satu ini berasal dari Makassar yang kaya dengan rempah, ini memang benar-benar sangat populer di semua penjuru bahkan juga di semua Negara. Bagi anda yang datang ke kota Makassar kurang lengkap rasanya, jika tidak mencicipi makanan yang satu ini yakni coto Makassar.

2. Sop Saudara_ Kuliner Khas Makassar

Sop Saudara_ Kuliner Khas Makassar


Selanjutnya Makanan berkuah yang juga berasal dari kota Makassar Sulawesi Selatan. Sop Saudara yang dibuat dari bahan utama yakni daging sapi, bihun serta kentang goreng yang berbentuk seperti bola-bola kecil, serta paru-paru sapi yang di goreng, dan dihidangkan nasi putih,ikan bakar dan telur rebus yakni sebagai lauknya.
Tambahan lain sebagai pelengkap menu ini yakni sambal kacang dan irisan buah timun

3. Barangko_ Jajanan Khas Makassar

Barangko_ Jajanan Khas Makassar


Barangko adalah merupakan sebuah makanan penutup yang berasal dari daerah bugis Makassar Selawesi Selatan, yang juga mempunyai bentuk kue pisang yang amat lembut dan halus, serta pisang yang sudah campur dengan bahan-bahan lain seperti telur, gula, garam, dan susu bubuk, kemudian dibungkus dengan memakai daun buah pisang.

Barangko sendiri merupakan sebuah makanan penutup yang berasal dari daerah bugis Makassar Selawesi Selatan, yang mempunyai bentuk kue pisang yang amat lembut dan halus. Dan pisang sendiri adalah bahan baku utamanya dengan proses yang sedemikian rupa.

4. Konro

 Konro


Konro adalah merupakan makanan yang khas tradisional yang berasal dari Makassar yang berbahan dasar utama yakni daging sapi. Daging sapi tersebut direbus dengan memakai kayu manis, air asam jawa dan bahan lainya. Konro sendiri dimasak dengan berbentuk sup yang mempunyai rempah-rempah.

Konro sendiri adalah makanan yang berasal dari Makassar yang memiliki bahan dasar utama daging sapi atau iga sapi yang telah direbus dengan bahan lainya seperti kayu manis, air asam jawa serta bahan lainya.

5. Pisang Epe

Pisang Epe


Pisang Epe yakni makanan yang sama berasal dari Makassar dan bahan baku utamanya yakni pisang yang biasa sering  dipakai untuk pisang kepok yang setengah matang

Makanan ini berasal dari Kota Makassar  dan terbuat dari bahan pisang. Dan pisang yang dijadikanya yakni pisang kepok yang masih dalam keadaan setengah masak. Sistem pembuatanyapun termasuk amat mudah dengan bahan-bahan yang mudah untuk dicari.

6. Gogoso

 Gogoso


Gogoso yakni sebuah salah satu makanan yang khas dan berasal dari daerah  Bugis Makassar yang dan makanan ini banyak disukai di Sulawesi Selatan saat lebaran tiba, selain dengan Ketupat lebaran.

7. Es Palu Butung

Es Palu Butung


Es palu butung atau  es campur dengan gaya yang khas dan berasal dari Kota Makassaryang juga merupakan penutup. Bahan dasar dari pembuatan es ini yakni  pisang hijau yang dipotong-potong dan biasa di tempel diatas seperti bubur yang berwarna putih, dan serta terbuat dari bahan santan serta biasanya ditambah lagi dengan es serut dan tidak lupa susu kental.

Es Palu Butung ini merupakan sebuah minuman penutup yang amat segar sehingga membuat selera pembeli menjadi lebih berkualitas dan yang terpenting lagi minuman ini mengandung banyak kalsium diantaranya karena minuman ini terbuat dari bahan pisang hijau.

8. Mie Titi, Masakan Khas Makassar

Mie Titi, Masakan Khas Makassar


Mie Titi yang termasuk makanan yang berasal dari Kota Makassar Sulawesi Selatan yang biasa disajiakan disaat waktu saat malam hari tiba. Rasa yang enak dan juga gurih, dan memakai tambahan macam-macam variasi daging serta seafood dan sayuran rempah lainya.

Mie Titi sendiri adalah salah satu masakan yang khas. Dan umumnya di hidangkan di saat malam hari tiba. selain itu rasa yang  gurih dan enak sehingga dapat menggoyangkan lidah semua orang yang mencicipinya. Dengan aneka kombinasi daging sapi serta sayuran dan rempah-rempah lainya.

9. Pallu Basa

Pallu Basa


Pallu basa yang juga salah satu makanan khas yang berasal dari Kota Makassar Sulawesi Selatan. Dan cara penyajianyapun hampir sama dengan Coto Makassar. Namun ada beberapa perbedaan dari bahan yang dipakainya. Pallu basa ini juga menggunakan bahan dasar daging sapi dan jeroanya.
10. Bebek Palekko
Itik adalah bahan dasar utama yang biasa digunakan untuk pembuatan masakan Nasi Palekko. Masakan ini amat mudah untuk dijumpai di beberapa kabupaten terutama di Provinsi Sulawesi Selatan.

11. Ikan Bakar Bandeng

 Ikan Bakar Bandeng


Setiap daerah pasti mempunyai berbagai makanan yang khasnya masing-masing . Makanan khas dari Kota Makassar ini mempunyai nama sebutan yakni Ikan Bakar Bandeng, Tidak hanya ikan bandeng saja yang bisa digunakan tetapi bisa juga menggunakan ikan yang sesuai dengan selera anda.

Makanan ini mungkin cukup sederhana dengan langkah-langkah membuatnya, namun soal rasanya tak kalah enaknya.

12. Kapurung, Makanan Khas Makassar

 Kapurung, Makanan Khas Makassar

Kapurung adalah sebuah makanan khas tradisional yang juga berasal dari Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari tepung sagu atau yang biasa kita sebut dengan sari. Kapurung ini biasa dimasak dengan variasi daging ikan dan daging ayam serta tidak lupa dengan sayuran-sayurany.

Walaupun ini adalah makanan yang masih tradisional. Namun kapurung ini sudah mulai terkenal, bahkan sekarang ini sudah menjadi populer. Di daerah Luwu sendiri Dan Kapurung ini sering di sebut dengan sebutan Pugalu.

13. Buras atau Burasa

Buras atau Burasa


Buras atau burasa adalah makanan khas yang berasal dari Sulawesi Selatan. Buras ini amat mirip dengan lontong yang terbuat dari beras namun bedanya hanya memiliki bentuk yang agak berbeda. Buras lebih ini halus dengan balutan dari daun pisang yang masih muda, yang biasanya dihidangkan dengan taburan-taburan bumbu kelapa kering, gula, garam, serta tidak luipa cabai.

Pada umumnya Buras ini mempunyai banyak pasaran tetapi biasanya makanan ini hanya di sajikan pada saat tertentu saja contoh seperti acara sukuran.

14. Putu Cangkiri_ Cemilan Khas Makassar

Putu Cangkiri_ Cemilan Khas Makassar

Putu cangkiri sendiri adalah makanan yang terbuat dari ketan yang memiliki cirri yang amat mirip cangkir bila posisinya ditempatkan terbalik. Umumnya dibuat dengan dua aneka variasi rasa yakni manis dengan gula merah dan gula putih.  Jika memakai gula merah warnapun Putu Cangkiri’ juga akan ikut berwarna merah begitu pula sebaliknya saat memakai gula pasir.

15. Baje Canggoreng

Baje Canggoreng

Baje Canggoreng adalah sebuah merupakan kue tradisional yang bahan dasar ytama dari bahan kacang tanah dan gula merah, rasanyapun di lidah begitu amat menagihkan. Rasa yang begitu manis dan gurih. Dan kue ini bisa bertahan hingga kurang lebih satu bulan dalam kemasan. Makanan inipun biasanya terdapat di penjual pinggiran jalan yakni jalan Poros wilayah Sulawesi Selatan.
16. Doko-doko Cangkuling_ Kuliner Khas Makassar
Doko-doko Cangkuling adalah merupakan sebuah jajanan yang terbuat dari kombinasi tepung beras, kentang, gula tepung, dan santan. Dalam jajanan  ini Doko-doko Cangkuling terdapat isi yang berupa gula merah serta parutan kelapa.

Pada umumnya jajanan ini dibungkus dengan gaya yang mengerucut dan menggunakan daun pisang. Kue ini selalu tidak pernah ketinggalan jika ada acara pernikahan daerah Sulawesi Selatan.

17. Kue Baruasa

Kue Baruasa


Barurasa atau kue yang di kategorikan kering yang tentunya berasal dari Sulawesi Selatan. Dan kue ini terbuat dari perpaduan antara tepung beras, kuning telur, gula aren, dan mentega. Yang tentunya dengan bentuk yang bulat. Kue ini juga merupakan jajan cemilan yang berasal dari masyarakat Bugis.

18. Jalangkote

 Jalangkote

Jalangkote yang  biasa di sajikan ketika saat buka puasa tiba, atau yang biasa dikebnal dengan takjil yang biasa di suguhkan di tempat seperti, masjid, mushola dan lainya. Jalangkote sendiri memiliki bentuk yang amat mirip dengan pastel perbedaanya hanya terdapat pada kulitnya saja, jalangkote sendiri lebih tipis dari pada pastel.

Dan isi yang ada di dalam kulit Jalangkote ini yakni berisi potongan wortel dan kentang yang berbentuk dagu, tauge serta soun. sehingga rasanya menjadi semakin enak dan nikmat.

19. Sarabba

Sarabba

Sarabba sendiri merupakan sebuah minuman yang berasal dari Kota Makassar yang dibuat dengan bahan utamanya yakni jahe, gula merah, telur kuning dan tidak lupa santan.

Sarabba ini juga mempunyai citra rasa yang akan menggoda lidah, sehingga para pembeli dijamin pasti akan ketagihan ketika mencicipinya. Sarabba ini juga terbukti dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh, dan dipercaya dapat menghilangkan masuk angin, serta dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Baca juga >> Makanan Yang Bikin Rindu Hati

Nah, itu dia sahabat 19 Makana khas Makassar yang bikin lidah bergoyang!

0 komentar:

Post a Comment