Friday 1 February 2019

10 Makanan Khas Jawa Timur, Yang Gilanya Tiada Tara Rek!


Makanan Khas Jawa Timur


10 Makanan Khas Jawa Timur, Yang Gilanya Tiada Tara Rek!

Di pulau yang seluas 47.922 kilometer persegi, Jawa Timur tidak hanya memiliki wisata alam saja, Namun juga memiliki makanan yang enak, unik serta bikin gila yang wajib Kalian coba. Makanan khas Jawa Timur ini, biasa dikenal dengan menggunakan terasi atau petis yakni sebagai pemberi rasa pada masakan.

Makanan khas Jawa Timur biasanya lebih cenderung memiliki rasa pedas. Dari sekian banyak kuliner khas yang ada di Jawa Timur, Nah, Berikut ini adalah 11 Kuliner khas Jawa Timuryang bukin Kamu gila.

1. Pecel

Pecel

Dengan bahan utama dari beberapa jenis sayur rebus yakni ada kangkung, kacang panjang, kol, irisan timun, dan tauge. Semua bahan ini basanya dicampur dengan sambal kacang, Dan semakin nikmat ditambah dengan rempeyek.

Di beberapa kota yang mempunyai nasi pecel yang juga enak dengan ciri khas masing-masing seperti Madiun, Blitar, dan Kediri.

2. Rawon

Rawon

Dengan ciri khas yakni kuah yang berwarna hitam pekat yang diperoleh dari penggunaan kluwek. Dan beberapa bahan bumbu yang biasa di pakai yakni ada bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan sebagainya.

Selain terkenal di kota Surabaya, rawon di Pasuruan pun tak kalah enaknya.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah Salah satu kuliner khas Surabaya yang memang mantap bila dijadikan menu makan siang. Nama dari rujak Cingur ini adalah salah satu bahan utama yakni irisan daging mulut (cingur) sapi.

Rujak cingur terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, bengkuang, nanas, yang biasa dipadukan dengan lontong atau nasi, tahu, tempe, cingur, sayuran, dan terakhir biasanya disiram denagn saus dari olahan petis udang.

4. Rujak Soto

 Rujak Soto

Mungkin anda baru tahu tentang rujak soto khas Banyuwangi yang satu ini? Makanan yang memang mempadukan antara makanan yakni soto kuning dengan rujak. Tanpa harus dicampur saja, makanan tersebut sudah sangat enak dan menggoda lidah anda,

5. Soto

Soto

Soto memang makanan yang populer di Indonesia. Malah hampir di seluruh daerah. Hal yang pembedakan soto Jawa Timur ini dengan daerah lainnya adalah soto Lamongan sendiri terkenal dengan koya, Dan serta soto dok Jombang dengan kuahnya yang tidak teralu kental dan bening.

Bumbu kuah inilah kuncinya, hingga soto ini menjadi terasa lezat dan lebih lengkap dari soto lainnya. Kuah yang terbuat dari bumbu yang terdiri dari ketumbar, jinten, sere, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam dan kemiri, dan pelengkap lainya seperti bawang goreng.

6. Gado-Gado

Gado-Gado

Kuliner khas Jawa Timur selanjutnya yakni gado-gado yang juga memang terkenal dengan kelezatan dan citarasanya di lidah para penikmat kuliner. Tidak hanya masyarakat Indonesia saja, bahkan banyak wisatawan mancanegara pun telah membuktikanya dan juga mengakuinya sendiri akan kelezatanya dan kenikmatan dari kuliner yang satu ini.

Selain itu, bertambah semakin menarik untuk direkomendasikan karena kuliner gado-gado ini merupakan salah satu makanan yang terbilang juga sehat untuk dikonsumsi. Dimana, bahan gado-gado ini merupakan perpaduan dari tahu, tempe, sayuran rebus, kentang, telur, ketupat dan setelah itu akan disiram dengan saus kacang dan dijamin rasanya akan semakin mantap dan lezat.

7. Tahu Tek

Tahu Tek

Kuliner khas Jawa Timur yang wajib untuk di coba dengan cita rasa yang dijamin bikin ketagihan yakni Tahu Tek. Seperti namanya, jelas saja kuliner yang satu ini terbuat dari bahan utama yang berupa tahu.

Tahu Tek sendiri merupakan sebuah kuliner yang berisi tahu goreng yang masih setengah matang yang selanjutnya akan dipadukan dengan bahan lainnya, seperti hanya tauge, kentang goreng, potongan lontong hingga ketimun.

Selanjutnya, bahan pembutan Tahu Tek ini akan disempurnakan dengan seraman bumbu kacang tanah yang telah di goreng plus petis yang sebelumnya telah dihaluskan.

Dijamin, cita rasa kuliner yang satu ini akan menggugah selera Anda dan akan membuat ketagihan.

8. Nasi Krawu

Nasi Krawu



Pernahkah Anda mendengar kota penghasil semen di Jawa Timur dengan nama Semen Gresik. Tentu, ternyata di salah satu daerah ini juga terdapat wisata kuliner terbaik dengan sebutan nasi krawu. Yang kini menjadi salah satu kuliner khas Jawa Timur. Tertarik? Bagi Anda yang sedang mengunjungi kota ini, pastikan Anda tidak melewatkan menu terbaik yakni nasi krawu.

Nasi krawu sendiri terbuat dari berbagai bahan, seperti daging sapi, sambal terasi hingga serundeng. Akan semakin menarik jika nasi krawu di sajikan dengan menggunakan daun pisang. Dijamin deh, Pasti anda akan semakin ketagihan saat mencoba menu yang satu ini.

9. Sate Madura

Sate Madura

Pernahkan Anda menonton film dengan seorang pedagang sate yang digambarkan seperti orang Madura asli, terlebih dengan dialognya yang amat kental dan akan membuat siapa pun tergelak untuk tertaw-tawaa. Tahukah Anda? Ada satu menu khas Madura yang telah dikenal diseluruh Indonesia, Ya, sate madura yang bisa ditemukan di hampir seluruh kota besar Indonesia, salah satunya di kota Anda sendiri.

Pada dasarnya, sate Madura ini tidak hanya terbuat dari sate ayam saja, melainkan juga ada sate kambing dengan kelezatanya tingkat juara. Proses pemanggangan sate madura ini biasanya menggunakan batok kelapa sehingga hasilnya menjadi lebih nikmat dan juga menggugah selera.

10. Pecel Lele

Pecel Lele

Yang terkenal di daerah Lamongan, makanan ini memang pas menggambarkan kuliner pedas khas Jawa Timur. Sekilas memang terlihat biasa, namun spesialnya makanan ini terletak pada rasa sambalnya. anda tidak perlu khawatir bila tidak begitu suka dengan lele, di setiap warung pecel lele ini, juga menjual beragam lauk lainnya.


Nah, itu dia 10 Makanan Khas Jawa Timur, Yang Gilanya Tiada Tara Rek!


0 komentar:

Post a Comment